Review Buku: Sebuah Seni untuk bersikap bodo amat (terjemahan dari The Subtle Art of not giving a F*ck) – Mark Manson

Hello smart readers, saya panggil smart readers karena orang-orang yang suka membaca adalah orang yang smart seperti Anda. Oke smart readers, kesempatan kali ini saya mau review buku yang sering smart readers lihat di toko buku Gramedia yaitu Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, buku ini merupakan terjemahan dari buku “The Subtle Art of Not Giving a F*ck” buku aslinya yang berbahasa inggris juga tersedia di Gramedia.

Buku yang akan saya review ini ditulis oleh Mark Manson, berdasarkan tulisan yang dibelakang cover buku. Mark Manson adalah seorang blogger yang berpengaruh di New York. Dalam buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat yang mewakili generasi ini, Mark Manson (seorang blogger superstar yang berpengaruh di New York) menunjukkan pada kita bahwa kunci untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan segala tantangan dengan lebih baik dan berhenti memaksa diri untuk menjadi “positif” di setiap saat.

Secara fisik, this book comes in handy, enak banget digengam dengan 1 tangan, ringan. Cocok untuk dibawa kemana-mana sambal baca. Warnanya juga didominasi oleh warna orange, sehingga sangat mencolok perhatian. Buku ini tidak tebal meski didalamnya ada sekitar 250 halaman. Harga bukunya saat ini di Gramedia adalah Rp 56.950.

Dalam isinya buku ini ada 9 Bab, setiap kata dan kalimat dibuat dengan Bahasa yang santai. Tidak ada istilah khusus. Mudah di cerna. Buku ini memang cocok menemani saat santai dengan kopi/ teh , hehe. Sesuai dengan judulnya Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo amat berisi tentang kiat-kiat seni yang dipaparkan oleh Mark Manson:

Seni #1: Masa Bodoh bukan berarti menjadi acuh tak acuh; masa bodoh berarti nyaman saat menjadi berbeda.

Seni #2: Untuk bisa mengatakan “bodo amat” pada kesulitan, pertama-tama Anda harus peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan.

Seni #3: Entah disadari atau tidak, Anda selalu memilih sesuatu hal untuk diperhatikan.

Dan masih banyak lagi seni yang disampaikan oleh Mark Manson.

Kesimpulan yang bisa saya sampaikan adalah dengan judul “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” ini sesuai dengan isinya yang mengalir bebas dan sesuai dengan realita kehidupan sehari-hari. Dengan Bahasa yang ringan, membuat buku ini mudah dimengerti. Dari sisi harga juga tidak terlalu mahal untuk sebuah buku pengembangan diri. Buku ini recommended banget untuk yang masih ragu-ragu tuk jadi diri sendiri.

Oh ya By the way, di website review buku www.lukilin.com juga menerapkan beberapa prinsip yang disampaikan oleh Mark Manson. Salah satu yang saya pahami sungguh-sungguh adalah nyaman saat menjadi berbeda. Ga perlu ikut-ikutan, terlihat kaku. Jadilah diri sendiri, mengalir bebas.

Okay smart readers, demikian review buku yang saya sampaikan hari ini. Oh ya smart readers, kalau ada buku yang mau di review, silahkan komentar dibawah ini yaa.

2 Comments on “Review Buku: Sebuah Seni untuk bersikap bodo amat (terjemahan dari The Subtle Art of not giving a F*ck) – Mark Manson

  1. Halo..
    Saya itu sangat tidak suka membaca karena membosankan😥😥..
    Jadi apakah anda bisa memberi saya tips agar bisa senang dalam membaca buku.
    Terima kasih.

    Like

    • hallo memang tidak semua orang suka membaca dan ada banyak media lain untuk memperoleh informasi seperti video ataupun podcast. yang penting tetap mengembangkan diri terlepas apapun medianya.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: